Rabu, 26 Februari 2014

Banyak 'Harta Karun' di Keraton Ternate, Maluku Utara


  Maluku punya banyak jenis wisata yang bisa dinikmati traveler, mulai dari alam sampai sejarah. Salah satu tempat untuk melihat kekayaan sejarah di Maluku Utara adalah Keraton Kerajaan Ternate. Ssst, banyak 'harta karun' di sini!
Tak hanya Yogyakarta atau Surakarta yang punya kesultanan. Di Maluku Utara terdapat Kesultanan Ternate yang dulu bernama Kerajaan Gapi. Wisatawan bisa berkeliling keraton yang punya banyak harta karun ini.
Ternate di Maluku Utara berukuran cukup kecil, dengan Gunung Gamalama di tengahnya. Hanya perlu sekitar 2 jam berkendara mengelilingi Ternate.
Sebelum dikenal dengan nama Kesultanan Ternate, dulunya bernama Kerajaan Gapi. Didirikan oleh Baab Mashur Malamo pada 1257, ini termasuk kerajaan Islam tertua di wilayah Maluku setelah Kesultanan Tidore pada tahun 1110.
Saat saya memandang gambar mahkota Sultan Ternate, juru kunci kesultanan bercerita tentang keunikan mahkota tersebut. Mahkota ini terdiri dari rambut dan dihiasi beberapa batu alam dan perhiasan emas, perak, perunggu, permata, intan, batu akik safir dan zamrud. Bayangkan cantiknya!
Konon, mahkota ini ternyata punya keajaiban. Masyarakat setempat percaya, rambutnya bisa tumbuh menjadi panjang.
Terdapat foto beberapa Sultan sebelumnya yang mengenakan mahkota dengan rambutnya yang sedang panjang. Mahkota yang bisa panjang rambutnya ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan milik Kesultanan Tidore yang sudah tidak memiliki Sultan sejak tahun 1940-an.
Kesultanan Ternate punya banyak harta karun. Selain mahkota penuh perhiasan, bangunan dan sejarah yang tergores di sini tak ternilai harganya. Yuk, ke sana!
  Kadaton Sultan Ternate 
 
sumber:  http://travel.detik.com/readfoto/2013/09/22/151200/2075988/1026/1/banyak-harta-karun-di-keraton-ternate-maluku-utara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar