Rabu, 26 Februari 2014

Potensi Wisata alam di Kabupaten Halmahera Utara


 
Macam-macam obyek wisata yang ada di Kabupaten Halmahera Utara antara lain:
- PULAU DODOLA
Pulau Dodola merupakan salah satu alasan mengapa para wisatawan datang berkunjung ke Morotai. Pulau ini dikelilingi oleh hamparan pantai berpasir putih yang sangat luas yang menghubungkan Pulau Dodola Besar dan Dodola Kecil. Di sini anda dapat menemukan pasir putih dengan dua tipe berbeda, kasar dan halus. Panorama alam sekitar dan airnya yang jernih sangat cocok untuk bersantai, berenang, memancing dan menyelam.Dari Tobelo tersedia kapal penumpang 3x seminggu ke Daruba-Morotai. Dari pelabuhan Daruba perjalanan ke Dodola dapat dilakukan dengan menyewa speedboat 20 menit perjalanan.
- PULAU TAGALAYA
Pulau Tagalaya merupakan satu dari gugusan pulau-pulau kecil yang tersebar di depan kota Tobelo. Pulau Tagalaya memiliki arus laut yang tenang dan air laut sejernih kristal dengan hamparan pantai berpasir putih luas yang mengelilingi pulau. Di ujung utara pulau ini terdapat bebatuan karang yang indah.
- TELAGA BIRU
Telaga Biru terletaknya di Desa Mamuya Kecamatan Galela. Penduduk setempat menamai tempat ini Telaga Biru oleh karena airnya yang jernih dan berwarna kebiruan. Menurut legenda, pada zaman dahulu para bidadari dari khayangan sering mandi di tempat ini. Keunikan dari tempat ini adalah setiap dedaunan yang jatuh di tengah talaga selalu hanyut ke tepian sehingga air talaga selalu tampak jernih dan bersih.
- GUNUNG API DUKONO
Gunung Api Dukono (1185 dpl) yang terletak di bagian utara pulau Halmahera merupakan satu dari rangkaian gunung-gunung berapi aktif yang ada di Maluku Utara.
- PANTAI KUPAKUPA
Pantai Kupakupa memiliki karakteristik yang unik berupa pepohonan beringin-ketapang yang tumbuh di sepanjang tepi pantai. Karena letaknya yang seakan-akan berada di dalam teluk maka Kupakupa memiliki arus laut yang sangat tenang sehingga sangat ideal untuk kegiatan olahraga air seperti berenang, berperahu dan snorkeling. Pada setiap hari minggu pantai ini selalu ramai oleh kunjungan wisatawan lokal yang datang berwisata ke tempat ini. Desa Kupakupa terletak 20 Km di selatan Tobelo. Dari jalan utama ke lokasi pantai 2 Km.
- TELAGA DUMA-GALELA
Telaga Duma-Galela, demikian masyarakat setempat menyebutnya, merupakan danau terbesar di pulau Halmahera dan memiliki nilai sejarah penting bagi masyarakat setempat. Duma menawarkan panorama alam yang indah dan natural. Airnya jernih dan tenang sehingga cocok untuk renang, mancing dan berperahu.
- PULAU KUMO
Di hari minggu, Pantai Kumo di Pulau Kumo adalah salah satu pantai tersibuk di Halmahera Utara. Pantai ini menjadi pilihan para wisatawan lokal karena selain jaraknya yang dekat dari Tobelo, hanya 5 menit dengan perahu tradisional ketinting, juga menawarkan panorama alam sekitar yang indah. Selain berenang, dari tempat ini anda dapat menikmati wajah Kota Tobelo yang terletak persis di depannya.
- TELAGA PACA
Telaga Paca yang terletak di desa Telaga Paca menawarkan panorama alam yang indah dan asri. Lokasi telaga dengan latar belakang gunung dan bebukitan serta dikelilingi hutan rindang menjadikan tempat ini sebagai tempat rekreasi alam bebas yang menyenangkan.
- PANTAI SOSOL DAN BANGKAI KAPAL TOSIMARU
Pantai Sosol merupakan salah satu tujuan wisata yang terdapat di Desa Sosol - Malifut. Pantai Sosol memiliki arus laut yang tenang dan apabila air surut maka area pantai berpasir putih ini akan menjadi sangat luas.
- TAMAN LAUT TOBOTOBO
Terletak di Desa Tobotobo Kecamatan Loloda Kepulauan. Tempat ini memiliki taman laut yang sangat indah sehingga sangat disarankan untuk kegiatan snorkling ataupun diving. Di Tobotobo juga terdapat ribuan kelelawar yang hidup di pepohonan bakau serta tempat mandi burung merpati putih dan biru. Tempat ini dapat di jangkau dengan transportasi laut.
- PANTAI DORUME
Pantai Dorume di Loloda Utara terkenal memiliki ombak laut yang besar. Bagi anda yang senang surfing, datanglah ke Dorume pada sekitar bulan desember. Pada saat itu ombak di pantai ini dapat mencapai ketinggian tertentu. Pesona lain yang dapat dinikmati adalah pasirnya yang sangat halus dan tampak berkilauan oleh sinar matahari. Hal ini disebabkan pasir pantai Dorume mengandung biji besi. Tersedia kapal penumpang 2 kali seminggu dari pelabuhan Tobelo ke Dorume (Loloda) 9 jam perjalanan atau 5 jam dengan menyewa speedboat.
- AIR PANAS MAMUYA
erletak di Desa Mamuya kecamatan Galela yang merupakan mata air yang bersumber dari perut Gunung Mamuya. Airnya yang panas sangat baik untuk dipakai berendam. Bagi masyarakat setempat air panas mamuya dipercaya berkhasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Tempat ini berjarak hanya 15 km dari Kota Tobelo. Desa Mamuya terletak 15 Km di utara Tobelo. Lokasi pemandian berada 500 m dari jalan utama.
- PULAU BOBALE
Pulau Bobale adalah sebuah pulau kecil yang terletak tidak jauh di depan Desa Daru Kecamatan Kao. Pulau dengan hamparan pasir putih luas ini merupakan salah satu daerah tujuan wisata favorit para penyelam oleh karena taman lautnya yang menawan. Terumbu karang dan beragam biota laut dengan kedalaman 2-10 meter dapat ditemukan di perairan sekitar pulau ini.Desa Daru di wilayah Kao ( 57 Km selatan Tobelo) adalah akses masuk ke Bobale. Dari pelabuhan Daru, Pulau Dodola hanya sekitar 20 menit dengan menyewa speedboat dari penduduk setempat.
- PANTAI LUARI
Pantai Luari dengan tanjungnya yang mempesona terletak di Desa Luari. Lokasinya yang berhadapan langsung dengan Samudera Pasifik adalah daya tarik tersendiri pantai ini. Air lautnya yang jernih dan tenang sangat ideal untuk kegiatan berenang dan berperahu. Bagi pecinta snorkeling, di ujung utara pantai ini anda akan menemukan bunga-bunga karang dengan kualitas yang masih terjaga. Untuk menjangkaunya dengan perahu anda dapat meminta bantuan penduduk setempat. Dari Tobelo ke Desa Luari 6 Km atau sekitar 15 menit perjalanan darat. Dari jalan utama ke lokasi pantai 500 m.
- BATU KOPI
Terdapat di Pantai Posiposi-Rao, Kecamatan Morotai Selatan Barat. Namanya yang unik berasal dari cerita masyarakat setempat yang sering mencium aroma minuman kopi yang berasal dari batu ini. Biasanya aroma kopi tersebut akan tercium menjelang sore hari.
- PANTAI GAMLAHA
Pantai Gamlaha merupakan salah satu pantai di Halmahera Utara dengan kondisi alam yang masih sangat asri. Pantai Gamlaha dengan pasir putih yang halus dan arus laut yang tenang adalah salah satu lokasi wisata yang terdapat di daerah Kao.
- AIR TERJUN SAPOLI
Tersembunyi di belakang hutan desa Samuda (sekitar 1 jam 20 menit berjalan kaki), terdapat sebuah air terjun yang oleh penduduk setempat dikenal dengan nama Sapoli. Dari Desa Samuda berjalanlah mengikuti jalan kebun penduduk ke arah barat sampai menyeberangi kali Ira. Dari situ teruslah berjalan ke arah barat dengan menyusuri padang ilalang dan kemudian hutan sebelum akhirnya tiba di lokasi.
- PULAU SUMSUM
Pulau dengan nilai historis tinggi ini terletak hanya 3 mil di depan Kota Daruba. Sumsum tergolong pulau kecil dengan panorama alam pantai pasir putih berkerikil. Jenderal Douglas McArthur, pemimpin pasukan sekutu untuk kawasan Asia Pasifik pada masa Perang Dunia II pernah tinggal di pulau ini. Goa pusat komando dan tempat pendaratan amphibi masih terlihat di sana. Untuk mengenang peran penting pulau ini bagi AS di wilayah pasifik maka monumen McArthur didirikan disana. Dari Tobelo tersedia kapal penumpang 3x seminggu ke Daruba-Morotai. Dari situ perjalanan ke Sumsum dapat dilakukan dengan menyewa speedboat 20 menit perjalanan.
- PULAU METI
Pulau Meti terletak tidak jauh dari Desa Todokuiha dan merupakan tujuan wisata akhir pekan bagi masyarakat sekitar. Meskipun pantainya sendiri tidaklah terlalu luar biasa namun seperti halnya pantai-pantai di Halmahera Utara pada umumnya, hamparan pasir putih dan air laut yang sejernih kristal dapat anda temui di pulau ini.Desa Todokuiha terletak di selatan Tobelo (Mawea). Dari pelabuhan Todokuiha tersedia transportasi umum dengan menggunakan perahu tradisional ketinting 20 menit perjalanan.
- AIR TERJUN JEMBATAN BATU
Air terjun Jembatan Batu berjarak sekitar 6 Km di sebelah barat desa Mede. Namanya yang unik terilhami dari bentuk bebatuan di depannya yang membentuk semacam jembatan batu alami.
- PANTAI PITU
Pantai Pitu dengan panjang garis pantai sejauh 530 meter memiliki dasar laut yang dangkal. Apabila air laut surut maka lebar Pantai ini dapat mencapai 50 meter. Para wisatawan yang datang berkunjung ke pantai ini biasanya memanfaatkan luas pantai ini untuk berolahraga pantai seperti bermain sepakbola atau volly. Arus laut di pantai Pitu sangat tenang sehingga sangat aman untuk tempat berenang anak-anak. Dari Tobelo ke Desa Pitu 8 Km atau sekitar 10 menit perjalanan darat. Dari jalan utama ke lokasi pantai 1,5 Km.
- PULAU RORANGANE
Pulau Rorangane merupakan salah satu dari gugusan pulau-pulau kecil yang terletak di depan Kota Tobelo. Pulau yang tidak berpenghuni ini terletak hanya 15 menit dari pelabuhan Tobelo dengan perahu tradisional ketinting.Dari pelabuhan Tobelo dengan menyewa speedboat 20 menit perjalanan.
- PANTAI POSIPOSI
Posiposi adalah salah satu pantai berpasir putih terbaik di Halmahera Utara. Letaknya yang terisolasi tidak membuat pantai ini kehilangan pesonanya. Pasir yang halus, hamparan pohon kelapa yang tumbuh tinggi di hampir sepanjang 3 Km pesisir pantai dan air laut yang sejernih kristal adalah alasan utama untuk mengunjungi pantai ini. Jangan lewatkan Posiposi apabila anda berada di Loloda.
- TELUK SOMOLA
Pulau-pulau kecil yang ditumbuhi bakau di atas bebatuan serta air laut yang jernih kebiruan adalah pemandangan yang dapat dijumpai di tempat ini. Di tempat ini anda dapat berperahu menyusuri teluk sambil menikmati keindahan Somola. Pada waktu tertentu beragam ikan laut akan masuk dalam jumlah yang banyak dan terjebak di perairan teluk ini. Tempat yang indah ini dapat dijangkau dengan berperahu dari Pantai Pune di Kecamatan Galela.
- PULAU PAWOLE
Meskipun hampir seluruh pesisir pulaunya didominasi oleh bebatuan karang namun pasir putih yang ditawarkan Pawole merupakan yang terbaik di antara pulau-pulau kecil yang tersebar di depan Kota Tobelo. Sebagai salah satu pulau terluar, Pawole memiliki arus laut yang tergolong deras apabila dibandingkan dengan pulau-pulau sejenis lainnya.
- PULAU PASIRTIMBUL
Terletak tidak seberapa jauh di sebelah utara Meti terdapat sebuah pulau kecil yang dikenal penduduk setempat dengan nama Pasirtimbul. Namanya yang unik terilhami dari proses terbentuknya pulau ini yang cukup fenomenal.
-

sumber: http://regionalinvestment.bkpm.go.id/newsipid/id/commodityarea.php?ia=8205&ic=1139

Tidak ada komentar:

Posting Komentar